Toyota Yaris

Toyota Yaris

Jakarta – Toyota Motor Coporation (TMC) salah satu produsen mobil, kini telah menetapkan Indonesia sebagai basis produksi untuk mobil mereka, tepatnya produksinya akan dilakukan di Karawang Jawa Barat, untuk pengunumumannya akan dilakukan dua bulan lagi ujar sumber dari internal Toyota Indonesia.

Menurut sumber dari internal Toyota yang berhasil ditemui oleh wartawan harianindo pada Rabu (8/5/2013) mengatakan, pengumuman untuk perakitan mobil di Indonesia akan dilakukan pada bulan Juni, pabrik ini nantinya memiliki kapasitas 140.000 unit selama setahun dan akan merakit “Etios Valco” dan memasang target sekitar 70.000-80.000 unit sampai akhir 2013 nanti.

Keputusan Indonesia sebagai tempat produksi mobil dikarenakan di Thailand, Toyota akan memproduksi produk “Eco Car” hal itu menyesuaikan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah di Negeri Gajah Putih.

Pada akhir tahun 2012 lalu, Akio Toyoda, Presiden Direktur dan CEO TMC telah mengumumkan bahwa Toyota siap menambah nilai investasi di Indonesia sebesar Rp 26 triliun, semua dilakukan secara bertahap hingga memasuki tahun 2020, beberapa tahap itu akan terbagi menjadi beberapa tahapan, yang tiap tahap untuk lima tahun ke depan, untuk tahap pertama akan di kucurkan Rp 13 triliun untuk lima tahun ke depan yang dikucurkan melalui enam perusahan yakni Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body Co Ltd (TAB), Toyota Tsusho Corporation (TT), Aisin Seiki Co Ltd (AS), Denso Corp dan Daihatsu Motor Co Ltd (DMC). (Choirul Anam – harianindo.com)