Konflik Suriah

Konflik Suriah

Kairo – Salah satu pemimpin ulama dari aliran Islam Sunni menyerukan panggilan jihad bagi seluruh umat muslim Sunni dunia untuk melakukan perlawanan terhadap rezim Bashar Al Assad di Suriah. Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah acara pertemuan di Kairo, Kamis waktu setempat.

Tidak hanya itu saja, ulama tersebut juga menyatakan bahwa perang Suriah adalah perang Islam. Selain itu juga disampaikan bahwa setiap umat boleh melakukan segala sesuatu agar bisa memenangkan peperangan tersebut.

“Jihad sangat diperlukan untuk mendapatkan kemenangan bagi para saudara kita di Suriah baik itu jihad dengan pemikiran, uang, senjata dan segala bentuk jihad,” ujar Mohamed Hassan yang menambahkan bahwa lebih dari 70 organisasi islam telah mendukung aksi perlawanan terhadap Assad dan sekutu Syi’ah dari Iran dan Lebanon.

“Apa yang telah terjadi pada saudara kita di tanah Suriah merupakan dampak dari kekerasan rezim Iran, Hizbullah dan aliansi mereka yang merupakan sebuah deklarasi perang bagi Islam secara umum,” tambahnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Youssef Al Qaradawi, seorang ulama terkenal Mesir yang tinggal di Qatar dan seorang ulama senior Al Azhar, Hassan Al Shafai. Hal ini seperti yang telah dirilis oleh Reuters, Kamis (13/6/2013). (Choirul Anam – www.harianindo.com)