Ilustrasi 4G LTE

Ilustrasi 4G LTE

Jakarta – Kemajuan teknologi memang benar-benar terasa, untuk memanjakan para pengguna seluler yang sekarang ini sudah banyak para pengguna yang mengakses internet via handphone, maka keseriusan untuk pembenahan jaringan memang benar-benar sudah dilakukan. Saat ini para operator telekomunikasi memang sudah menggelar trial LTE, sepertinya dengan adanya hal ini maka layanan 4G kehadirannya akan diprediksi lebih cepat masuk Indonesia.

Menurut ketua umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) yakni Alex Janangkih Sinaga kepada wartawan harianindo, di Solo, Jumat (28/6/2013), mengungkapkan “Sebenarnya hal ini diprediksi tahun 2018 akan bisa digunakan secara sempurna di Indonesia, tetapi saat ini Menkominfo telah mengeluarkan sebuah statement bahwa kehadiran LTE 4G akan lebih cepat.”

Sekarang ini para operator seluler memang secara kompak mencoba trial ini. Menurut Alex, LTE yang sudah komersial di 92 negara ini, nantinya diprediksi di tahun 2014 LTE sudah bisa jalan di Indonesia.

Trial LTE akan di uji cobakan oleh pihak Telkomsel di Nusa Dua, Bali pada tanggal 1 sampai 8 Oktober 2013, pada ajang KTT Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Semoga saja percobaan ini bisa terlihat sebuah trafik yang real, tambah Alex. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)