Smartphone Bantu Lawan KankerVienna – Telah banyak aplikasi smartphone menarik yang bertebaran di dunia maya, siap untuk diunduh oleh para penggunanya. Mulai dari aplikasi hiburan, hobi, sampai bisnis. Adapun baru-baru ini telah muncul sebuah aplikasi “serius”, yang mampu membantu para peneliti di bidang kesehatan untuk menemukan cara penyembuhan kanker. Seperti dilansir dari Phonearena (Sabtu, 15/2/2014), aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama Samsung Austria dengan University of Vienna, yang juga dapat berfungsi sebagai alarm.

Aplikasi yang diberi nama Samsung Power Sleep tersebut hanya dapat diakses oleh smartphone berbasis Android. Aplikasi ini dapat mengetahui bahwa anda telah “selesai” menggunakan smartphone anda saat alarm tersebut sudah di set. Dari momen tersebut hingga alarm tadi berbunyi lagi, anda seakan meminjamkan smartphone anda untuk membantu pemrosesan data dari Similarity Matrix of Proteins (SIMAP), sebuah basis data yang memperhitungkan kesamaan antara pergerakan protein yang berbeda. Dengan mengetahui informasi ini, dapat membantu peneliti untuk membuat sebuah rancangan terapi untuk kanker yang diharapkan bisa berjalan secara efektif dibandingkan terapi yang telah ada saat ini.

Adapun permasalahan dari pemrosesan tersebut adalah diperlukannya sebuah sumber daya penghitungan yang sangat besar, dan meskipun telah ada sebuah jaringan global untuk menangani masalah keterbatasan ini, menambahkan “tenaga” dari kombinasi smartphone-smartphone tadi akan mampu membantu proses perhitungan tersebut.

Maksudnya di sini, dengan menginstall aplikasi ini pada smartphone Android, anda membantu komputer yang digunakan peneliti untuk melakukan perhitungan tadi. Smartphone anda “ikut berpikir” membantu komputer yang digunakan oleh peneliti untuk mendesain rancangan terapi untuk kanker tadi.

Smartphone anda mulai aktif terhubung dengan jaringan Power Sleep hanya saat berada dalam keadaan terhubung dengan jaringan Wi-Fi dan dalam keadaan baterai yang penuh. Sehingga anda tidak akan merasa terganggu karena beban pemrosesan data yang terjadi di smartphone anda. Aplikasi dan akses internet akan berjalan seperti biasa. (Rani Soraya – www.harianindo.com)