Mohamed Hani

Mohamed Hani

Kairo – Seorang petugas polisi senior Mesir diberitakan telah tewas ditembak oleh orang tidak dikenal. Kejadian tersebut berawal ketika penembak misterius tersebut menghentikan laju kendaraan korban di semenanjung Sinai pada Sabtu waktu setempat. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Sabtu (29/6/2013).

Tiga penembak misterius yang menggunakan topeng dalam kendaraan mereka melepaskan tembakan dengan senjata otomatis ke arah Brigjen Mohamed Hani saat dalam perjalan pulang dari kerja. Selain tewasnya Hani, sopir Hani juga dikabarkan mengalami sebuah cidera yang sangat serius. Hingga saat ini, motif penembakan tersebut masih belum jelas.

Terkait dengan kejadian tersebut, pihak Kementrian Dalam Negeri Mesir telah membentuk sebuah tim guna memeriksa daerah tersebut dan menahan pelaku. Sayang, identitas pelaku masih dirahasiakan oleh tim tersebut.

Kelompok bersenjata sebelumnya telah menguasai Sinai setelah terjadi kekosongan keamanan di daerah tersebut. Seperti yang kita ketahui, kondisi keamanan daerah yang berbatasan dengan Israel tersebut kacau setelah lengsernya Presiden Hosni Mubarak pada 2011 silam. Kelompok militan Islam dan kaum Badui dilaporkan telah melakukan penculikan terhadap turis asing dan polisi guna melakukan pertukaran dengan rekan mereka yang ditahan.

Disisi lain, beberapa hari terakhir ini kekerasan telah terjadi pada wilayah Mesir yakni antara para pendukung dan penentang rezim Mohamed Morsi menyusul berita tentang rencana demonstrasi besar-besaran yang akan dilakukan pada Minggu waktu setempat guna menuntut pengunduran diri Morsi. Sedikitnya, tiga orang dilaporkan tewas akibat sebuah kerusuhan yang terjadi pada Jumat waktu setempat, termasuk seorang mahasiswa asal Amerika Serikat. (Rani Soraya – www.harianindo.com)