Penjualan iPad Terus Digerus Keberadaan Tablet Android

Apple Logo

California – Pada kuartal ketiga di tahun ini, nampaknya Apple berencana untuk mulai menurunkan pengapalan iPad nya menjadi sekitar 10-12 juta unit. Penurunan jumlah pengapalan produk yang dilakukan oleh raksasa teknologi asal Amerika Serikat diprediksi terkait dengan rencana peluncuran produk terbarunya.

Pada kuartal kedua tahun 2013, pihak Apple memproduksi 14,6 juta unit. Nampaknya dengan adanya pengurangan ini, Apple berencana untuk segera merilis produk terbaru miliknya. Seperti yang dilansir dari Digitimes, Sabtu (27/7/2013), sebenarnya pengapalan iPad pada kuartal kedua berjumlah 19,5 juta unit, namun kenyataannya dipangkas hingga mencapai 14,6 juta unit.

Dengan rincian pengapalannya adalah iPad Mini sejumlah 10-11 juta unit dan iPad 9,7 inci berkisar diantara 3,6 hingga 4,6 juta unit. Penurunan pengapalan iPad ini sebenarnya tidak hanya didorong karena akan diluncurkan produk terbaru Apple saja, namun dikarenakan juga oleh banyaknya tablet murah yang memiliki OS Android dalam kuartal kedua tahun ini juga diduga menjadi salah satu penyebabnya. Sebagai informasi bahwa pada kuartal pertama tahun 2013, pengapalan tablet secara global telah mencapai 50 juta unit.

Dimana 50 persen berhasil diduduki oleh tablet yang memiliki OS Android dan 40 persen dianataranya baru diraih oleh iPad. Sedangkan untuk kuartal kedua pada tahun ini, nampkanya pasar iPad masih akan terus turun menjadi sekitar 30-35 persen. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)