Jamaah An Nadzir Salat Id

Jamaah An Nadzir Salat Id

Gowa ā€“ Pemerintah memang sampai saat ini belum menetapkan jatuhnya tanggal 1 Syawal 1434 H. Namun jamaah An Nadzir yang ada di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan pada Rabu (7/8/2013), tadi pagi sudah melaksanakan Salat Idul Fitri.

Pemimpin jamaah An Nadzir, Luqman mengungkapkan bahwa jamaah An Nadzir menentukan jatuhnya 1 Syawal berdasarkan dari hasil pengamatan dan juga perhitungan jalannya bulan dan disertai dengan tanda-tanda alam. Sebagai contoh, air pasang puncak yang terjadi laut juga menjadi salah satu faktor penentu.

Dimana berdasarkan hasil perhitungan mereka, tanggal 1 Syawal telah jatuh pada hari Selasa, 6 Agustus 2013 tepatnya pada pukul 14.00 WITA. Dengan demikian pada jam tersebut, mereka telah membatalkan puasanya.

Namun untuk pelaksanaan shalat Id baru dikerjakan pada pagi harinya. Seperti serangkaian kegiatan Shalat Id, jamah An Nadzir juga mendengarkan khotbah kemudian disertai acara saling bersalaman diantara para jamaah. Dalam shalat Id kali ini diikuti sekitar 300 orang jamaah. (Rani Soraya – www.harianindo.com)