Puing ledakan bom di Baghdad

Puing ledakan bom di Baghdad

Baghdad – Serangkaian ledakan bom mobil di Baghdad menewaskan paling sedikit 28 orang dan melukai lebih dari 100 korban lainnya pada hari ini. Dilaporkan, salah satu bom meledak berlokasi pada komplek diplomasi “Zona Hijau”. Kejadian tersebut sekaligus merupakan serangan paling buruk sejak pasukan A.S. Meninggalkan wilayah tersebut.

Berdasar rilis dari Reuters, Kamis (15/8/2013), seorang saksi mata melaporkan bahwa salah satu bom meledak sekitar 200-300 meter dari zona internasional Baghdad dan berdekatan dengan kantor luar negeri Irak. Ledakan tersebut menyebabkan empat korban jiwa dan melukai sekitar 12 korban lainnya.

Sebagai catatan, kelompok militan termasuk diantaranya Al-Qaeda telah meningkatkan serangan mereka dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan ini guna melawan pemerintahan Irak yang berbasis Syi’ah. Tentunya, kejadian tersebut semakin memperuncing konflik antar agama yang terjadi di negara tersebut semenjak militer Amerika meninggalkan wilayah Irak 18 bulan lalu.

Selain melanda “zona hijau” , serangkaian ledakan bom tersebut terjadi di wilayah Baladiyat, Al Shurta Al Rabaa dan Husseiniya. Target dari serangan bom tersebut rata-rata adalah wilayah dengan penduduk Syi’ah. (Rani Soraya – www.harianindo.com)