Tony Abbott

Tony Abbott

Canberra – Pemenang pemilihan umum Australia, Tony Abbott menyatakan kebijakan baru yang bakal dia tegakkan dalam masa pemerintahannya. Ya, Perdana Menteri Australia tersebut berencana untuk mencegah masuknya para pencari suaka yang berusaha untuk memasuki wilayah Australia melalui perairan Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kebijakan tersebut bakal langsung dilaksanakan mulai Rabu (18/9/2013) mendatang.

Berdasar rilis dari AFP, Senin (16/9/2013), proses penegakan kebijakan baru tersebut adalah dengan menggiring perahu yang ditumpangi oleh para pencari suaka tersebut untuk kembali memasuki wilayah perairan Indonesia. Tony Abbott menyatakan bahwa dirinya akan mengerahkan angkatan laut guna melakukan hal tersebut.

“Saya berharap bahwa saya sudah bisa melaksanakan kebijakan mengenai Operasi Kedaulatan Perbatasan ketika hari pertama saya bertugas telah dimulai,” ujar Tony Abbott.

Lebih jauh, Tony Abbott menambahkan bahwa operasi tersebut akan berlangsung dengan sangat terbuka dan akan menimpa siapapun juga. Tidak hanya itu saja, Tony Abbott juga berencana untuk mempererat kerja sama yang lebih erat dengan Pemerintah Indonesia guna mewujudkan kebijakannya tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)