San Juan – Badan keamanan federal Amerika Serikat (AS) yang bekerja sama dengan otoritas Puerto Rico berhasil menggagalkan penjual kondom palsu. Tidak kira-kira, mereka berhasilnya menyita sekira 40 ribu kondom palsu pada operasi di Kota San Juan.

Otoritas Puerto Rico Sita Puluhan Ribu Kondom Palsu

Penyitaan puluhan ribu alat kontrasepsi palsu asal China itu merupakan buah hasil operasi selama lima hari yang dilakukan oleh Food and Drug Administrastion (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS), Homeland Security serta badan imigrasi dan bea cukai (ICE) Negeri Paman Sam.

Sekadar informasi, semenjak 27 Januari 2017 sudah ada kesepakatan antara beberapa badan keamanan federal AS dengan otoritas di Puerto Rico. Kesepakatan itu dibentuk untuk memerangi penjualan barang-barang palsu.

Sebagaimana diberitakan Huffington Post pada Senin (27/3/2017) otoritas keamanan AS mengeluarkan peringatan yang berbunyi kondom palsu bila digunakan terdapat kemungkinan tidak akan melindungi penggunanya dari kehamilan serta penyakit menular seksual. Bahkan bahan yang digunakan dalam pembuatan bisa memicu gangguan kesehatan untuk penggunanya.

“Kondom palsu serupa dengan produk kosmetik dan kecantikan, tidak seperti merek yang sah, tidak tunduk pada kontrol kualitas yang dan mungkin mengandung zat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang,” klaim pihak US Customs and Border Protections (CBP). (Tita Yanuantari – harianindo.com)