Jenderal Vietnam Penakluk Amerika Tutup UsiaHanoi – Vietnam sedang berduka, salah seorang pahlawan besarnya di era perang Vietnam telah tutup usia . Seperti dilansir dari CNN (Sabtu, 05/10/2013), Sosok dibalik kesuksesan Vietnam menghalau serangan negeri Paman Sam di tahun 1975 itu gugur di usianya yang ke-102 tahun.

Jenderal Vo Nguyen Giap, nama yang tidak akan dilupakan oleh pihak militer Amerika Serikat, adalah faktor kunci tentara Tet mengusir pasukan kolonial Perancis di pertempuran Dien Bien Phu yang menentukan pada tahun 1954. Kecerdasannya dalam mengatur strategi terbukti lagi saat pihak utara menyerbu selatan yang dibantu oleh Amerika Serikat pada perang Vietnam. Amerika harus mengakui kekalahan dan menarik semua pasukannya dari tanah Vietnam. Kendati demikian, Jenderal Giap selalu mendapatkan apresiasi dari lawan-lawannya. Senator Amerika Serikat John McCain, yang pernah menjadi tahanan perang saat agresi militer Vietnam, pun memuji pengetahuannya yang luas seputar strategi militer.

Jenderal Giap yang amat dihormati oleh segenap masyarakat Vietnam ini lahir dari keluarga petani sederhana pada tahun 1911 dan telah bergabung dengan pasukan pejuang kemerdekaan Vietnam sejak umurnya baru menginjak 14 tahun. Selamat jalan Kamerad Vo Nguyen Giap. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)