Youtube Siapkan Layanan Musik BerlanggananCalifornia – Sebuah laporan menyebutkan bahwa saat ini Youtube tengah menyiapkan sebuah layanan musik berbayar yang diperkirakan akan dilepas kepasaran dalam beberapa bulan ke depan. Seperti dilansir dari The Verge (Rabu, 23/10/2013), laporan ini bocor setelah pihak Billboard selaku perusahaan yang akan digandeng oleh Youtube memaparkan rencana kerjasama ini di situs resminya. Pihak Billboard mengkonfirmasi bahwa nantinya layanan ini akan dibuat menyerupai Spotify namun dengan penambahan unsur video. Layayan ini akan dilepas dengan dua pilihan, free dan premium.

Bagi mereka ynag terdaftar sebagai pelanggan premium akan mendapatkan kemampuan untuk menghentikan iklan dan mengunduh musik agar bisa dedengarkan kapanpun tanpa koneksi internet. Akses yang tidak terbatas atas artis dan album juga akan diperoleh oleh pelanggan premium. Satu hal yang membuat layanan ini istimewa adalah nantinya akan ada beberapa artis yang “menyusupkan” satu atau dua lagu di albumnya dan lagu tersebut yang khusus hanya dapat dinikmati oleh pelanggan premiun m elalui Youtube.

Kerjasama dengan Google juga telah dijalin oleh Youtube. Kerjasama ini berkaitan dengan iklan. Youtube dikabarkan akan mematok harga USD 99,9 perbulan untuk dapat menikmati layanan ini. Hanya saja kita belum mengetahui apakah layanan ini berlaku di semua negara atau hanya beberapa negara tertentu saja. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)