Ford Focus Listrik Recall 2.500 UnitDetroit – Ford nampaknya belum lepas dari badai penarikan kembali atau recall. Pada kesempatan kali ini, produsen otomotif yang berasal dari Amerika Serikat ini terpaksa harus menarik sekitar 2.500 unit mobil listrik miliknya.
Hal ini dikarenakan adanya masalah dalam sistem kelistrikan yang ada di Ford Focus, sehingga dapat mengakibatkan hilangnya daya di roda depannya pada saat berkendara. Dengan demikian hal ini dapat menyebabkan kecelakaan, seperti yang dikutip dari Inautonews, Minggu (3/11/2013).

Dengan adanya masalah ini, maka Ford akan me-recall Ford Focus yang telah diproduksinya pada tahun 2012-2014. Sebenarnya masalah ini sudah dilaporkan oleh sekitar 24 pemilik Ford Focus listrik. Walaupun demikian sampai saat ini belum ada laporan kecelakaan atas permasalahan ini.

Dari keterangan pihak Ford, terungkap bahwa permasalahan ini muncul pada perangkat lunak yang terhubung dengan modul pengendali kekuatan, sehingga mengakibatkan symbol stop safety mow terus menyala di panel instrument.

Walaupun demikian, pihak Ford menyatakan bahwa walaupun ada masalah namun sistem pengereman dan kemudinya masih dapat berjalan normal. Memang sebenarnya masalah ini diketahui pihak Ford sejak agustus lalu. Sehingga untuk sekarang ini bagi para pemilik Ford Focus yang mobilnya terkena recall disarankan segera melakukan hubungan dengan dealer untuk dilakukan perbaikan terhadap mobil yang bermasalah, dan perlu diketahui bahwa perbaikkan ini gratis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)