Ultrastar He6, Hard Disk Pertama Dengan Gas Helium

Ilustrasi

California – HGST, sebuah perusahaan produsen perangkat perlengkapan komputer baru saja diberitakan merilis sebuah produk revolusioner. Seperti dilansir dari ABC News (Senin, 4/11/2013), perangkat yang diberi nama Ultrastar He6 ini merupakan sebuah perangkat penyimpanan data (HDD=Hard Disk Drive) dengan dukungan gas helium.

Penggunaan gas helium ditujukan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data dari Ultrastar He6. HDD ini adalah yang pertama di dunia yang memiliki kapasitas sebesar 6 Terra Byte (BT). HDD pada umumnya menggunakan udara, sedangkan Ultrastar menggunakan helium yang gas teringan yang ada di dunia. Kinerja piringan tipis dalam HDD dbuat lebih ringan dengan hadirnya helium yang bersifat lebih tenang dan dingin. Proses ini juga menurunkan konsumsi listrik sebanyak 50 persen.

Informasi lain seputar Ultraster He6 seperi kisaran harga dan waktu perilisan belum dilansir oleh HGST. Namun pengamat memperkirakan dengan belum adanya saingan di pasar, produk ini akan dijual dengan harga tinggi dan hanya menarget kalangan tertentu. Perusahaan-perusahaan yang memiliki data center misalnya. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)