Panel Sel Surya

Panel Sel Surya

London – Sebuah berita mengejutkan datang dari daratan Inggris. Ya, beberapa ilmuwan yang berasal dari Queen Mary University dan Imperial College di London melaporkan bahwa mereka telah berhasil melakukan penelitian terkait dengan peningkatan kemampuan sel surya.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa kemampuan sel surya dapat mengalami peningkatan efisiensi sebesar 40% ketika diberikan paparan musik rock dan pop. Tentu saja berita tersebut menjadi salah satu penemuan terbaru terkait dengan sel surya.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia, Jumat (08/11/2013), para peneliti dalam proyek tersebut menyatakan bahwa mereka menggunakan dua buah sample yang berbeda dalam penelitian tersebut untuk melihat efek yang terjadi. Pada penelitian pertama, sebagai kontrol, para peneliti memberikan paparan musik klasik pada panel surya yang mereka miliki.

Sebagai catatan, panel surya yang digunakan dalam penelitian tersebut merupakan panel yang terdiri dari sel terbuat dari milyaran nanorods zinc oxyde. Hasilnya, penilitian tersebut menunjukkan bahwa paparan musik rock dan pop dalam penilitan tersebut mampu meningkatkan efisiensi panel surya mencapai angka 40%.

Dengan hasil yang tercapai pada penelitian tersebut, para ilmuwan berpendapat bahwa mereka kini telah selangkah lebih maju dalam hal penggunaan sel surya sebagai sumber tenaga alternatif penghasil tenaga listrik. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)