Hampir 97 Persen Malware Serang Android

(Sumber Foto: Reuters)

California – Saat ini memang popularitas dari Android masih menjadi andalan, namun sayangnya Android masih menjadi incaran dari malware mobile. Berdasarkan data dari Mobile Treat Report dari F-Secure, dalam kuartal III/2013 ini, tercatat ada sekitar 97 persen yang telah menyerang operating system milik Google ini.

Seperti yang dikutip dari GSMArena, Selasa (12/11/2013), dalam kuartal ke III ini, dari 259 ancaman seluruh OS mobile, sekitar 252 telah ditemukan menyerang Android. Dimana sisanya menyerang OS Symbian.
Yang mengagetkan adalah ancaman mobile ini sama sekali tidak ditemukan dalam BlackBerry, iOS ataupun Windows Phone. Hampir sekitar 90 persen ancaman malware ini berupa Trojan yang ditargetkan untuk mobile banking.

Memang sebagian besar Trojan dari mobile banking ini adalah varian SMSSpy, dimana SMS yang dikirim dari bank akan dicegat ke dalam bentuk sebuah otentikasi sekunder yaitu otentikasi data pribadi dan transaksi online.

Dimana SMSSpy ini sendiri berbeda dari varian malware yang lainnya, hal ini dikarenakan sumber kode tunggalnya tidak dapat diidentifikasi. Dengan demikian akan lebih sulit untuk mengidentifikasinya.

Sehingga F-Secure memberikan saran bagi pengguna Android untuk mengunduh aplikasi Android hanya dari Play Store dan selalu memperhatikan izin pada saat menginstal aplikasi tersebut. Selain itu program antivirus juga disarankan untuk mencegah malware masuk ke Android Anda.

Berdsarkan catatan yang didapat oleh GSMArena, bahwa untuk saat ini setiap harinya ada sekitar 1,5 juta aktivasi dari pengguna Android. Semakin tinggi popularitasnya, diharapkan para pengguna untuk lebih waspada terhadap serangan malware.(Choirul Anam – www.harianindo.com)