Desa di Wilayah Tenggara Gunung Sinabung DikosongkanMedan – Saat ini semua desa yang memiliki jarak 5 kilometer dari Gunung Sinabung tepatnya yang ada disebelah tenggara telah dikosongkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Beberapa desa tersebut adalah Desa Sukameriah, Simacem, Bekerah dan Mardinding.

Tidak dipungkiri bahwa pengosongan keseluruhan desa tersebut dikarenakan adanya ancaman awan panas dari Gunung Sinambung yang diprediksi ketika erupsi besar akan terkena dampaknya. Dari keterangan Hendra Gunawan, Kepala Sub Divisi Pengamanan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Minggu (24/11/2013), mengungkapkan bahwa diprediksi awan panas mengarah ke wilayah tenggara dari kawasan Gunung Sinabung.

Sehingga desa-desa yang memiliki jarak 5 kilometer di wilayah tenggara saat ini perlu dikosongkan. Sedangkan untuk beberapa daerah lain untuk sementara masih aman.Sebagaimana yang diketahui bahwa pada Sabtu, 23 November kemarin sempat terjadi hujan material batu.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini awan panas lah yang paling mengkhawatirkan. Sedangkan untuk saat ini erupsi besar belum diketahui tanda-tandanya. Dengan adanya hujan material batu, kemungkinan besar didalam terdapat gempa dan juga letusan, sehingga menyebabkan material yang ada di perut gunung menjadi mengeras.

Dihimbau kepada masyarakat sekitar agar selalu berlindung didalam rumah apabila ada hujan material. Namun jika ingin lebih aman sebaiknya datanglah ke pengungsian, ungkap Hendra Gunawan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)