Kotak Hitam Kereta Masih Dalam Proses PencarianNew York – New York, Amerika Serikat dikejutkan dengan kecelakaan kereta dikarenakan keluar jalur yang terjadi pada hari ini. Terkait hal ini pihak berwenang sedang mencari keberadaan dari kotak hitam yang tersemat di kereta.

Berdasarkan penuturan dari Gubernur New York Andrew Cuomo, bahwa dengan ditemukannya kotak hitam kereta akan menjadi kunci atas kecelakaan kereta tersebut. Fungsi dari kotak hitam kereta ini sama dengan kotak hitam yang tersemat di pesawat.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Senin (2/12/2013), Cuomo mengungkapkan bahwa kotak hitam kereta tersebut didalamnya memberikan gambaran mengenai rekaman data, kecepatan kereta, hingga apakah ada kerusakan yang terjadi di sisi mekanis dari kereta ataupun apakah remnya tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Dari keterangan masinis kereta didapatkan informasi bahwa masinis telah berusaha untuk menghindari kecelakaan dengan mengerem kereta, sayangnya hal tersebut gagal. Sehingga kereta keluar dari jalur tepatnya di pinggiran sungai dengan posisi tujuh gerbongnya terbalik.

Dengan adanya kecelakaan ini, untuk sementara didapatkan informasi bahwa empat orang tewas dan korban luka-luka mencapai 70 orang diantaranya ada yang mengalami luka yang cukup serius bahkan ada yang kondisinya kritis, ungkap Joseph Bruno selaku Kepala Kantor Penangananan Darurat New York.

Saat ini dari pihak National Transportation Safety Board (NTSB) didapatkan keterangan bahwa proses penyelidikan kecelakaan kereta ini masih akan terus berlanjut sampai minggu depan. Dimana yang menjadi fokus penyelidikannya untuk kali ini adalah konsidi rel, panel mekanik, bagaimana system sinyaknya serta sepak terjang dari para kru yang bertugas pada saat itu. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)