Shinzo Abe Dorong Produsen Mobil Jepang Naikkan Gaji Karyawan

Perdana Menteri Shinzo Abe

Tokyo – Belum lama ini Shinzo Abe selaku Perdana Menteri Jepang dalam sebuah kesempatan mengungkapkan perlunya peningkatan kesejahteraan bagi kelas pekerja terutama mereka yang berkutat di industri otomotif. Seperti dilansir dari Bloomberg (Senin, 16/12/2013), menurutnya, kenaikan gaji akan membuat para pegawai semakin produktif. Hal ini juga perlu dilakukan mengingat tingginya standar hidup di Jepang yang merupakan warisan dari 15 tahun deflasi Jepang.

Sementara itu, Tetsuo Iwamura selaku wakip presiden dari Honda Motor Co menjawabnya dengan pernyataan sebagai berikut, “Produsen mobil akan menetapkan tingginya gaji berdasarkan pencapaian target profit dan bukan arahan pemerintah. Untuk menghormati permintaan perdana menteri, kami akan mempertimbangkan reward bagi mereka yang berprstasi.”

Produsen Mobil Jepang dikabarkan akan membagikan bonus tahunan pada semua karyawannya pada Maret mendatang. Kenaikan gaji mungkin tidak akan dilakukan, namun melalui bonuslah kesejahteraan karyawan akan ditingkatkan. (Choirul Anam – www.harianindo.com)