Jakarta – Tidak dipungkiri bahwa setiap ada perhelatan besar, sampah menjadi sebuah pemandangan yang biasa. Alhasil jelang malam pergantian tahun baru, pihak Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan sekitar 900 petugas untuk mengantisipasi sampah yang berserakan.

Sekitar 900 Petugas Kebersihan Disiapkan Untuk Malam Pergantian Tahun

Ilustrasi

Pada saat dihubungi wartawan harianindo, Senin (30/12/2013), Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin mengungkapkan bahwa nantinya dari jam 5 pagi di tanggal 1 Januari 2014, sudah ada sekitar 900 personil petugas kebersihan yang disebar di seluruh wilayah.

Rencananya, pihak pemungut sampah disiagakan pada saat sebelum ataupun sesudah acara. Memang pada tahun ini pihak Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan acara pergantian tahun di beberapa wilayah. Namun yang menjadi pusat perhelatan akbar masih dipusatkan di Jl MH Thamrin hingga Stasiun Dukuh Atas, Sudirman.

Nantinya pihak dinas kebersihan juga akan memberikan kantung sampah kepada para pedagang agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar ketika berbelanja dapat membuang sampahnya di tempat mereka.

Selain itu Dinas Kebersihan DKI juga memberikan 40toilet mobile yang tersebar dari Monas sampai Bundaran HI. Tidak hanya itu saja, ada juga tempat pengaduan jika terjadi masalah pada toilet ataupun tempat sampah kepada posko pengaduan kebersihan masyarakat yang diletakkan tidak jauh dari panggung-panggung hiburan.

Dimana nantinya posko pengaduan itu akan dijaga oleh beberapa pejabat eselon tiga atau setara kepala bidang dan kepala upt, sehingga diharapkan jika ada keluhan dapat ditanggulangi secara cepat. Walaupun demikian Unu berharap adanya partisipasi dari masyarakat untuk dapat membuang sampah di tempat yang telah diseiakan ataupun dapat juga menitipkan di beberapa petugas kebersihan.

Untuk diketahui bahwa pergantian tahun yang berlangsung pada 2013 lalu, ada sekitar 650 ton sampah yang dihasilkan dari acara Jakarta Night Festival 2012. Bahkan disepanjang jalan MH Thamrin keesokan harinya banyak sekali sampah plastic yang berserakan hasil dari perayaan malam tahun baru. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)