Shanghai – Ada sekitar 1.5 juta mobil yang merupakan poduksi dari General Motor (GM) bersama dengan mitranya yaitu SAIC Motor Corp, dengan terpaksa harus ditarik dari pasaran untuk dilakukan perbaikan (recall).

GM Recall 1,5 Juta Unit Mobil di China

Tidak dipungkiri bahwa kabar dari China ini sangat mengejutkan, namun nampaknya terjadi masalah dalam braket yang ada di pompa bensin. Seperti yang dikutip dari Autoevolution, Minggu (29/12/2013), pihak Shanghai General Motors Co Ltd. Yang merupakan gabungan dari perusahaan GM dengan SAIC Motor Corp, mencatat ada sekitar 1,46 juta unit mobil yang harus di recall.

Dengan adanya penarikan ini, maka ini menjadi sebuah program recall yang terbilang cukup besar dalam sejarah dari industry otomotif global. Tercatat dari jutaan mobil yang harus di recall, ada sekitar 1,2 juta unit Buick Excelle yang diproduksi pada tahun 2006 sampai 2012. Sisanya ada sekitar 243 ribu unit seri Chevrolet Sail.

Pihak Administrasi Umum Pengawas Kualitas, Inspeksi dan Karantina mengungkapkan bahwa sebenarnya braket yang bocor di pompa bahan bakar dapat menjadi factor pemicu kecelakaan. Sehingga recall tersebut memang harus segera dilaksanakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak dipungkiri bahwa untuk tahun ini memang GM yang ada di China bukan untuk kali pertamnya mengadakan recall. Tercatat pada Februari 2013 kemarin, pabrikan otomotif yang berasal dari Amerika Serikat ini sudah melakukan penarikan sekitar 230 ribu unit mobil Buell dikarenakan saluran bahan bakarnya mengalami kerusakan. Disusul pada Mei 2013, pihak GM juga melakukan recall sebanyak 2.500 unit Cadillac RX. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)