Sepak Terjang Gusti Joyo Semasa HidupYogyakarta – Pada akhir tahun 2013 kemarin, Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo telah tutup usia. Adik dari Sri Sultan Hamengkubuwono X ini terkahir kalinya menorehkan catatan politik sebagai petinggi dari Keraton Yogyakarta.

Kepada wartawan harianindo, Rabu (1/1/2014), Sugiyarto, tetangga dari Gusti Joyo mengungkapkan bahwa Putra dari Sri Sultan HB IX itu juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI yang berasal dari Partai Golkar. Namun sepertinya panggung politik kini sudah lama ditinggalkannya.

Memang sebelum berpulang, Gusti Joyo menjabat sebagai Kawedangan Hageng Panitra Putra Keraton Yogyakarta yang bertugas mengurusi semua keperluan internal keraton. Seperti diantaranya adalah pemberian gelar kebangsaan sampai dengan kenaikan pangkat atas para abdi dalem yang selama ini bekerja di dalam keraton.

Tidak hanya di lingkungan keraton saja, karena Gusti Joyo juga aktif dalam social keagamaan. Karena bapak yang meninggalkan tiga orang anak ini juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan Ketua Persaudaraan Djamaah Haji (PDHI) DIY.

Selain itu Gusti Joyo juga pernah menjabat sebagai ketua panitia tetap Mujahadah dan Semaan Alquran Purbojati Mantap DIY. Untuk diketahui bahwa Gusti Joyo tutup usia ke 58 tepatnya di RS Medistra, Jakarta, pada 31 Desember 2013 sekitar pukul 17.00 WIB.

Dimana Gusti Joyo meninggal dikarenakan komplikasi penyakit jantung, diabetes serta ginjal yang sudah lama menggerogoti tubuhnya. Gusti Joyo semasa hidup bertinggal di Ndalem Rotowijayan, Kraton, Yogyakarta dengan meninggalkan seorang istri bernama BRay Joyokusumo dan tiga orang anak, yakni, R Rio Jatiningtyas (putri), KRT Jayaningrat (putra), dan R Rio Jatiningrum (putri). (Rani Soraya – www.harianindo.com)