Signal Doctor Perbaiki Kualitas Audio MusikLas Vegas – Makin canggih mobil yang anda pakai tidak menjadi garansi makin bagus kualitas musik yang anda dengar ketika berada di dalam mobil. Dengan makin banyaknya pengguna layanan audio streaming yang dapat dikoneksikan dengan sistem audio di dalam mobil, secara sadar atau tidak berarti kualitas musik yang didengar akan semakin terdegradasi. Seperti dilansir dari CNET (Rabu, 8/1/2014), Harman, salah satu supplier audio otomatif ternama, telah mengumumkan produk terbaru Signal Doctor, software dengan teknologi digital signal processor yang memungkinkan untuk mengembalikan kulaitas suara dari file audio yang sudah dikompres.

Sebagai info saja, file musik yang dapat dibeli di Amazon dan iTunes telah dikompres menjadi 128 atau 256 kbps, dan layanan audio streaming seperti Pandora dan Spotify sering diturunkan hingga 64 atau 96 kbps. Itu berarti akan banyak detail yang hilang dari file music tersebut dan jelas akan mengurangi kualitas suara. Signal Doctor akan menganilisis file audio secara real-time dan mencoba mengeluarkan detail yang hilang dan mengembalikan kualitas semula.

Saat ini Signal Doctor masih dipamerkan di CES 2014, dan belum diumumkan detail mengenai harga dan waktu rilisnya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)