Nikon DF : Full-Frame DSLR dengan Sentuhan KlasikTokyo – Salah satu masukan yang sering dilontarkan fotografer adalah keinginan untuk memiliki kamera DSLR yang dapat dioperasikan layaknya kamera SLR lawas. Seperti dilansir dari Amateur Photographer (Kamis, 23/1/2014), nampaknya Nikon sangat peka untuk menangkap keinginan satu ini, maka dirilislah Nikon Df yang memiliki beberapa fitur menawan seperti yang dimiliki Nikon D4, namun juga menghilangkan beberapa fitur yang dianggap “tidak penting” dan memasukkan sentuhan klasik desain Nikon F-series.

Secara kualitas Nikon DF hampir sama dengan Nikon D4, menggunakan sensor full-frame CMOS 16.2MP, ISO 50-204, 5.5fps shooting rate, 2016-pixel sensor RGB meter, dan 39 titik autofocus. Namun yang menjadi nilai lebih dari Nikon DF adalah kesan klasik sejak pertama kali melihat kamera ini, Nikon DF memang mengadopsi desain dari pendahulunya Nikon F, hal yang paling epic adalah bentuk prisma pada kamera dan tiga tombol fungsi pengaturan manual shutter speed, sensitivitas dan pengaturan exposure yang ada di bagian atas kamera. Agar terasa lebih klasik, maka fungsi untuk merekam video dan WiFi dihilangkan oleh Nikon.

Nikon DF hadir di pasaran dengan kisaran harga Rp.33-35jt sudah termasuk dengan lensa kit 50mm f/1.8G, lebih murah hingga Rp.20jt dari Nikon D4 yang dibanderol Rp.50-55jt body only. (Choirul Anam – www.harianindo.com)