Prosesor Terbaru Apple Sudah Mulai ProduksiCupertino – Sepertinya pihak Apple saat ini sudah mulai masuk ke dalam tahapan produksi manufaktur atas perangkat iPhone 6 nya. Setelah pada sebelumnya Apple dikabarkan akan memproduksi sekitar 100 purwarupa iPhone 6, kini dari informasi terbaru yang didapatkan bahwa chip prosesor sudah mulai diproduksi di tiga perusahaan.

Nampaknya chip prosesor baru yang akan digunakan oleh Apple di generasi terbaru dari iPhone nya adalah chip A8 yang diproduksi dalam satu paket dengan memori DRAM atau dikenal dengan nama satu paket system-on-chip (SoC).

Seperti yang dilansir dari Digitimes, Selasa (28/1/2014), Apple kabarnya sudah menunjuk tiga perusahaan semikonduktor yang bertugas untuk memproduksi prosesor tersebut. Dimana ketiga perusahaan semikonduktor itu adalah Amkor Technology asal Arizona, STATS ChipPAC di Singapura, dan Advanced Semiconductor Engineering (ASE).

Dimana rinciannya adalah produksi prosesor SoC A8 Apple akan diproduksi sekitar 40 persen oleh perusahaan Amkor dan STATS ChipPAC, sedangkan sisanya yang berjumlah 20 persen akan diproduksi oleh ASE.

Namun sepertinya, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), sebagai sebuah perusahaan manufaktur semikonduktor yang berasal dari Taiwan juga diyakini akan memproduksi prosesor SoC A8 Apple.

Bahkan kabarnya, TSMC mulai memproduksi prosesor A8 Apple dengan menggunakan teknologi 20nm tepatnya di kuartal kedua tahun ini. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)