Alasan Google Jual MotorolaCalifornia – Telah dikabarkan bahwa Google menjual brand Motorola kepada Lenovo. Alasan dibalik penjualan ini dapat dilihat dari hasil kuarter keempat mereka.

Seperti dilansir dari CNET (Kamis, 30/1/2014), Motorola telah membebani Google dengan kerugian operasional membengkak dari $ 152 juta (Rp 1,8 triliun) di tahun lalu menjadi $ 384 juta (Rp 4,6 triliun). Adapun pendapatan yang dihasilkan produk Motorola turun hampir 18 % dari tahun lalu menjadi $ 1,24 miliar (Rp 14,8 triliun), atau 7 % dari pendapatan Google secara keseluruhan.

Penjualan Motorola ke Lenovo mengembalikan posisi Google pada pihak netral industri smartphone, sekaligus melepas beban keuangan yang selama ini membelit mereka. Walaupun produk-produk Motorola mendapatkan banyak pujian dan review positif, seperti yang didapat Moto X dan Motot G baru-baru ini, tetap tidak mampu memperbaiki keadaan.
Berpindah tangannya Motorola pada Lenovo mengubah status perusahaan China itu menjadi perusahaan pembuat smartphone terbesar ketiga dunia. Bagaimana manuver Lenovo me-manage brand yang pernah besar itu? Patut ditunggu. (Rani Soraya – www.harianindo.com)