Amerika Serikat Siapkan Sanksi Untuk UkrainaWashington – Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyatakan secara resmi jika kini Amerika tengah menyiapkan sejumlah sanksi untuk Ukraina terkair dengan kisruh politik yang terjadi di ibukota Kiev. Pernyataa tersebut langsung disampaikan kepada Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych. Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 21/2/2014), seluruh percakapan yang berlangsung via sambungan telepon tersebut belum diketahui secara lengkap.

Pihak juru bicara Gedung Putih hanya menyampaikan jika Biden meminta Presiden Yanukovych untuk menarik seluruh pasukan keamanan yang terdiri dari polisi, sniper, maupun militer dan para-militer. Sanksi yang akan diberikan pun belum dipublikasikan oleh Gedung Putih.

Sebelumnya, Presiden barack Obama telah memberikan penolakan terhadap permintaan visa 20 pejabat Ukraina. Walaupun hingga saat ini belum diketahui nama dari 20 pejabat tersebut.

Kini negara bekas pecahan Uni Sovyet ini berada dalam pengawasan penuh Amerika Serikat. Amerika berharap pemerintah Ukraina tidak mengulang lagi kekerasan yang dilakukan terhadap rakyatnya sendiri. (Choirul Anam – www.harianindo.com)