Renault Ungkap Mesin Diesel 1.6-liter Twin-TurboBoulogne-Billancourt – Pabrikan penghasil mobil yang berbasis di Prancis, Renault, mengungkapkan mesin diesel terbaru keluaran mereka, yang kabarnya akan segera diaplikasikan ke dalam model mobil terbaru yang akan dirilis ke pasaran. Seperti dilansir dari InAutoNews (Kamis, 20/2/2014), info yang dirilis Renault ini seakan menampik asumsi banyak pihak yang menganggap bahwa Renault tidak akan lagi mengeluarkan mobil dengan mesin diesel yang ekonomis.

Saat ini memang masih banyak mobil Renault ataupun Nissan yang bermesin diesel 1,6 liter dCi , dan Renault mengungkapkan telah membuat satu lagi upgrade untuk mesin diesel 1.6 liter. Adalah mesin diesel twin- turbo, dengan turbo pertama yang berfungsi untuk memberikan torsi tinggi hingga low-end untuk tarikan yang “renyah”, dengan 90 persen dari torsi hadir pada putaran 1.500 rpm , dan fungsi turbo yang kedua adalah untuk memberikan akselerasi lebih yang dapat diandalkan sampai dengan putaran mesin maksimal .

Mesin diesel twin turbo 1.6 liter yang diproduksi oleh Renault ini mengembangkan total output daya hingga160 HP ( 118 kW ) dan memiliki puncak torsi 380 Nm (280 lb- ft ). Hal ini berarti akan memberikan kekuatan tarikan mesin yang lebih besar dibandingkan mesin diesel lain yang sudah ada di pasaran. Untuk saat ini, Astra masih memimpin kelas diesel 1.6 liter dengan output daya hingga 136 HP, diikuti oleh mesin diesel 1,6 dCi dari Renault dan Nissan dengan 130 HP. Detail lain terkait mesin diesel 1.6-liter twin-turbo keluaran Renault memang masih belum jelas, tapi kita tunggu saja bukti dari ketangguhan mesin ini di mobil keluaran Renault selanjutnya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)