Spesifikasi dan Harga Nokia X+ dan Nokia XL, Tersedia dengan Pre-order di SpanyolEspoo – Meski bukanlah sebuah penemuan besar ataupun puncak dari perkembangan dunia smartphone, toh, berita tentang perilisan smartphone berbasis Android oleh Nokia tetap dinanti dan diantisipasi oleh masyarakat intern0asional. Perhatian ini mungkin tidak berlebihan, sebab brand yang pernah meraksasa dan mendominasi pasar telepon seluler itu telah sejak lama menahan diri untuk mengikuti perkembangan smartphone saat ini, yaitu pengaplikasian Android. Dengan langkah ini, para pengamat melihat bahwa tampaknya Nokia masih akan mampu bertahan menghadapi tantangan dunia smartphone ke depannya.

Seperti dilansir dari Phonearena (Kamis, 27/2/2014), produk smartphone Android dari Nokia, yaitu Nokia X+ dan Nokia XL, telah tersedia dengan pre-order di situs toko online Amazon.es, dengan harga pre-sale tadi sebesar €119 (Rp 1,9 juta) untuk X+ dan €129 (Rp 2 juta) untuk XL. Belum ada kepastian tanggal pengirimannya, namun demikian pemesan tidak harus menunggu terlalu lama bila Amazon sendiri yang menangani pengiriman produk ini, karena memang Amazon telah terkenal karena profesionalitasnya. Untuk pilihan warnanya masih terbatas, dimana Nokia X+ tersedia dalam warna hijau dan hitam, sementara Nokia XL tersedia hanya dalam warna hijau. Adapun untuk lokasi yang diterima adalah Spanyol dan beberapa “negara pilihan”. Negara mana saja yang menjadi pilihan tadi? Kemungkinan adalah negara-negara di kawasan Eropa.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa produk smartphone Android dari Nokia ini masih berada pada apa yang disebut dengan “entry level”, artinya produk ini masih dalam level pemula, yang baru masuk ke dalam pasar Android. Spesifikasinya tidak akan membuat kagum. Produk ini akan SIM free (unlocked), memiliki prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon, RAM sebesar 768MB, dan penyimpanan sebesar 4GB yang dapat diperbesar. Dan meski tidak berspesifikasi tinggi, produk-produk ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, tahan lama, sesuai dengan ciri khas Nokia sejak dulu. (Rani Soraya – www.harianindo.com)