Yahoo Siapkan Yahoo ID California – Yahoo perlahan-lahan mulai melepaskan diri dari “bayang-bayang” Facebook dan Google. Salah satu langkah terbaru dari mereka, adalah dipersiapkannya Yahoo ID. Seperti dilansir dari CNET (Selasa, 4/3/2014), Yahoo ID merupakan sebuah sistem yang nantinya, untuk mengakses segala macam layanan dari Yahoo, user diharuskan membuat Yahoo ID, dan tidak lagi menggunakan akun Facebook dan Google. Yahoo ID tadi merupakan bentuk kemandirian yahoo.

Layanan pertama yang mulai menolak data login dari layanan internet lain (Facebook, dan Google, misalnya) adalah Yahoo Sports Tourney Pick’Em. Tak lama lagi, layanan macam Flickr dan Fantasy Sports akan membutuhkan Yahoo ID untuk aksesnya.

Juru bicara Yahoo mengatakan bahwa Yahoo saat ini sedang bekerja secara bertahap dan terus-menerus meningkatkan kualitas user experience-nya, yang salah satunya berupa proses sign-in untuk Yahoo Sports Tourney Pick’Em. Proses baru tersebut, yang membutuhkan username Yahoo, akan membantu Yahoo untuk memberikan layanan yang terbaik untuk para user.

CEO dari Yahoo, Marissa Mayer, telah menyampaikan keinginannya untuk mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah “mobile content portal”, dengan personalisasi yang mendalam untuk peningkatan user experience dan tentunya, pendapatan secara finansial.

Sejak diangkat menjadi CEO di 2012 lalu, Mayer telah menyegarkan tampilan dan layanan dari Yahoo Mail dan Yahoo Finance, serta meluncurkan Yahoo News Digest. Tahun lalu, Yahoo juga berhasil mengakusisi 30 perusahaan, mempercantik beberapa aplikasi, mmeningkatkan Tumblr, meluncurkan majalah online tentang makanan dan teknologi, serta merekrut tenaga-tenaga profesional yang bonafit macam Katie Couric, seorang jurnalis kenamaan, penulis, dan host talk show di TV Amerika sana. Sebuah langkah tegas untuk memantapkan kemandirian. (Rani Soraya – www.harianindo.com)