Spesifikasi Volvo S60L Petrol Plug-In Hybrid, Rilis Tahun Depan di China, Harga Belum JelasBeijing – Volvo telah meluncurkan mobil terbarunya, S60L Petrol Plug-In Hybrid. Seperti dilansir dari Digital Trends (Jumat, 18/4/2014), mobil tersebut diperkenalkan pertama kali pada Beijing Motor Show 2014. Dan seperti namanya, mobil “plug-in” ini memiliki mesin berbahan bakar bensin.

Dibuat berdasarkan sedan S60, S60L PPHEV memiliki mesin empat silinder 2,0 liter ber-turbocharge dari “keluarga” Drive-E keluaran Volvo sendiri. Mesin ini mampu memproduksi 238 horsepower.

Mesin tersebut akan didukung dengan transmisi otomatis delapan percepatan, sebuah motor elektrik yang memberikan tambahan 68 hp, dan baterai pack lithium-ion 11,2 kilowatt.

Dalam mode standar “Hybrid”, S60L menggunakan bahan bakar bensin dan listrik sekaligus. Pada mode “Pure”, mobil ini akan berubahab menjadi mobil listrik secara penuh. Adapun Volvo mengklaim bahwa jarak yang mampu ditempuh mode Pure tadi mencapai 31 mil, atau sekitar 49 km.

Mode terakhir dari S60L adalah model “Power”. Mode yang berkonsentrasi pada peningkatan performa ini, mampu membawa S60L berlari dari 0 hingga 100 kpj dalam 5,5 detik saja. Mobil hybrid yang jelas tidak main-main dari segi performa.

Volvo S60L plug-in hybrid ini akan meluncur di pasar China mulai tahun depan, dan akan dirakit secara lokal di pabrik Volvo yang berlokasi di Chengdu. Adapun rencana untuk pasar di luar China belum diumumkan, demikian pula tentang detail harganya.
Diberitakan juga bahwa Volvo akan menerapkan teknologi plug-in untuk model lainnya di masa akan datang, yang salah satunya meliputi SUV XC90. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)