Hasil Piala Dunia: Belanda Rebut Juara 3 Setelah Kalahkan BrasilBrasilia – Tuan rumah Brasil gagal memberikan kado penawar luka bagi semua suporternya. Tim Samba semalam kalah dari Belanda dalam perebutan juara ketiga yang dilakukan di Brasilia. Seperti dilansir dari CBS Sport (Sabtu, 12/7/2014), Der Oranje sukses membukukan kemenangan telak 3-0 berkat gol dari Robin van Persie, Daley Blind, dan Giorgino Wijnaldum.

Laga baru berjalan tiga menit saat akselerasi Arjen Robben dihentikan dengan cara yang tidak sportif oleh Thiago Silva di dalam kotak penalti. Wasit pun tanpa ampun menunjuk titik putih. Buruknya pertahanan dan mental Brasil pun harus dibayar dengan gol cepat Van Persie yang memanfaatkan hukuman penalti tersebut.

Setelah kebobolab, Brasil mencoba untuk meningkatkan serangan guna mencari gol penyeimbang. Namun kembali lagi buruknya lini pertahanan membuat Julio Cesar harus kembali memungut bola dari gawangnya. Kali ini David Luiz yang membuat kesalahan dengan memberikan bola ke Blind yang dengan bebas menceploskan bola ke gawang. 2-0 bagi Belanda dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pertandingan menjadi lebih hidup. Brasil berkali-kali mencatatkan beberapa peluang. Namun sayang permainan agresif Brasil yang telat dilakukan tak menghasilkan satu gol pun. Justru Belanda yang mampu menambah gol di menit 91. Kali ini Wijnaldum yang sukses memanfaatkan kerjasama Robben dan Janmaat. Tim besutan Louis van Gaal pun menempati posisi ketiga di Piala Dunia dengan menyingkirkan tuan rumah. (Choirul Anam – www.harianindo.com)