Jaguar Kembangkan Teknologi ‘Virtual Windscreen Concept'London – Dalam rangka terus mengembangkan teknologi dan juga inovasi, pabrikan mobil mewah yang berasal dari Inggris, Jaguar memang tidak ada hentinya. Bahkan untuk kali ini mereka mengembangkan teknologi yang diberi nama ‘Virtual Windscreen Concept’.

Dimana untuk teknologi ini, kaca mobil Anda dapat digunakan sebagai layar virtual. Dengan demikian pada saat Anda sedang menyetir akan serasa ada didalam Gran Turismo. Sehingga Anda tidak perlu lagi memperhatikan beberapa panel instrument ketika sedang mengemudi.

Seperti yang dikutip dari halaman laman BBC Top Gear, Senin (14/7/2014), bahwa semua informasi yang Anda butuhkan seperti kecepatan saat mengemudi tertampil dan juga di layar kaca mobil Anda aka nada tampilan racing line terbaik, posisi dalam balapan, kecepatan beserta posisi perseneling.

Tidak hanya itu saja, karena Anda juga dapat melihat mobil bayangan (Ghost car). Apabila digambar letakkan ada disebelah kiri dimana disitu akan terlihat dimana posisi mobil Anda pada lap sebelumnya. Sehingga Anda dapat memperoleh catatan waktu yang lebih baik lagi.

Wolfgang Epple selaku Research and Technology Director Jaguar mengungkapkan bahwa dengan adanya gambar virtual ini memudahkan pengemudi untuk dapat melihat dengan akurat berapa kecepatan hingga jaraknya. Dengan adanya teknologi ini maka dapat memberikan manfaat pada saat berkendara mobil sehari-hari.

Diharapkan kedepannya dengan adanya teknologi ini dapat menggantikan fungsi dari kaca spion baik itu yang ada di samping ataupun yang ada di dalam kabin. Saat ini sistem ini masih dalam tahapan pengujian dan masih terus dikembangkan. Sehingga belum jelas kapan teknologi ini akan diterapkan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)