Filipina Diguncang Gempa 6,4 Skala RichterManila – Filipina dilaporkan telah diguncang oleh gempa berkekuatan 6,4 dalam Skala Richter. Gempa ini terjadi pada Senin 14 Juli 2014 ini. Pusat gempa diperkirakan berada di sekitar wilayah lepas pantai Filipina Selatan.

Seperti dilansir dari Reuters (Senin, 14/7/2014), United States Geological Survey, (USGS – Badan Survei Geologi Amerika Serikat), mengatakan bahwa pusat gempa yang terjadi di Filipina tersebut berada di lepas pantai, 146 km dari Kota General Santos.

Awalnya, USGS melaporkan bahwa gempa tersebut “hanya” berkekuatan 6 Skala Richter. Namun setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, ternyata kekuatan gempa tersebut mencapai angka 6,4 Skala Richter.

Sampai berita ini terbit, belum ada laporan mengenai jumlah korban dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Satu informasi yang sedikit melegakan adalah bahwa gempa ini tidak akan memicu terjadinya gelombang tsunami di wilayah Filipina maupun sekitarnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)