Berita ISIS Terbaru: AS Kirim Lebih Banyak Lagi Penasehat Militer ke Irak

advertisement:


13/08/2014

Berita ISIS Terbaru: AS Kirim Lebih Banyak Lagi Penasehat Militer ke Irak

(sumber foto: Reuters)

Baghdad – Pergerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau yang juga dikenal dengan Islamic State (IS) saja tampaknya semakin mengkhawatirkan. Untuk itu, Amerika Serikat dikabarkan telah mengirimkan lebih banyak lagi penasehat militer ke Irak untuk membantu perlawanan pasukan pemerintah melawan kelompok ekstrimis tersebut.

Seperti dilansir dari BBC (Rabu, 13/8/2014), Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, mengatakan bahwa sebanyak 130 orang penasehat militer dari AS telah diturunkan di wilayah Kurdi yang terletak di Irak bagian Utara. 130 perosnil tadi terdiri dari marinir dan pasukan khusus denga tugas antara lain untuk mengawasi dan mengevaluasi bagaimana situasi kemanusiaan di lokasi tersebut. Pejabat pertahanan AS mengatakan bahwa mereka tidak akan terlibat langsung dalam pertempuran melawan ISIS.

Adapun sebelumnya, AS telah mengirimkan 250 orang personil militernya untuk menjadi penasehat militer bagi pasukan Pemerintah Irak. Mereka juga berasal dari pasukan khusus.

Hagel menekankan bahwa operasi penambahan personil penasehat militer ini bukan operasi pertempuran. Tim baru tersebut diterjunkan untuk menganalisa dan mengevaluasi situasi di Kota Irbil, dan kemudian hasil dari analisa tersebut dapat digunakan untuk pertimbangan dimana bantuan berikutnya akan diturunkan.

Berita ISIS Terbaru: Polda Metro Pantau ISIS Melalui Cyber
Berita ISIS Terbaru: ISIS Rebut Kota Jalawla di Irak

Sampai saat ini, AS telah membantu pasukan Pemerintah Irak dengan serangan udaranya serta menerjunkan bantuan makanan dan air bersih ke Gunung Sinjar, lokasi pengungsian warga Yazidi yang tengah diburu oleh ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery