Berita ISIS Terbaru: ISIS Rebut Kota Jalawla di Irak

12/08/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Berita ISIS Terbaru: ISIS Rebut Kota Jalawla di IrakBaghdad – Baru-baru ini dikabarkan bahwa kelompok radikal Islam yang berada di Irak dan sekitarnya, Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau yang juga dikenal dengan Islamic State saja (IS), telah kembali merebut satu kota di Irak. Kota yang mereka rebut adalah Kota Jalawla, yang berlokasi di sebelah Utara Ibukota Irak, Baghdad.

Seperti dilansir dari Reuters (Senin, 11/8/2014), Jalawla merupakan sebuah kota yang berada di 115 km dari Baghdad. Selain Jalawla, ISIS juga berhasil mengendalikan dua desa yang berada di sekitar kota tersebut. Perebutan Jalawla ini terjadi setelah sehari sebelumnya terjadi sebuah serangan bom bunuh diri yang menewaskan 10 orang pasukan Kurdi.

advertisement:

Adapun sebelumnya, ISIS juga telah merebut kendali atas kota terbesar Nasrani di Irak. Ratusan orang pun dipaksa meninggalkan kota tersebut.

Keikutsertaan militer Amerika Serikat dalam pelatihan militer pasukan Irak, bantuan intelijen, dan bahkan serangan udara menggunakan pesawat tempur dan drone (pesawat tanpa awak), tampaknya tidak menyurutkan perlawanan ISIS. Meski lambat, pergerakan ISIS semakin lama semakin menyebar di Irak dan bahkan di Suriah.

Meski demikian, Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, menganggap bahwa berdasarkan laporan dan analisa di lapangan, serangan udara merupakan pilihan paling efektif untuk mengantisipasi dan memukul mundur pergerakan ISIS di Irak. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery