Resep Masakan: Cara Membuat Bandeng Bakar Dengan Saus Apel Pedas Manis

4/08/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Resep Masakan: Cara Membuat Bandeng Bakar Dengan Saus Apel Pedas ManisJakarta – Suasana lebaran memang belum hilang betul, tapi untuk makanan mungkin anda merasa bosan dengan kuah yang bersantan atau dengan lauk yang dominan daging.

Disini harianindo mencoba memberikan resep serta cara membuat menu yang berbahan dari ikan, menu ini sendiri dikutip dari bango.co.id, Senin (4/8/2014). Dijamin anda akan tertarik dengan rasa yang berbeda, di ikan ini ada perpaduan antara rasa manis dan juga pedas. Nah dibawah ini akan kami berikan bahan-bahannya:

Baca juga :
Resep Masakan Menu Lebaran: Ketupat Sayur Betawi
Resep Masakan Menu Lebaran: Cara Membuat Rendang Sapi Lezat dan Enak

Bahan-bahan :
- 3 ekor bandeng ukuran sedang,bersihkan ,cuci.
- 1 Bawang Bombay iris tipis
- 1 buah apel tanpa di kupas kulit potong dadu
- 1 botol Bango Kecap Manis Pedas Gurih ukuran 135 ml
- Minyak Goreng
-Air matang secukupnya
- Garam secukupnya

advertisement:

Langkah pertama siapkan tempat atau baskom, kemudian belah bandeng menjadi 2 bagian. Usahakan jangan sampai belahan tersebut terputus. Setelah itu bersihkan bandeng yang sudah dibelah, dengan dilumuri garam lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, goreng bandeng yang sudah dilumuri garam, setengah matang dan tidak terlalu kering. Lalu tiriskan dan sisihkan.

Untuk langkah berikutnya, siapkan pan grill untuk memanggang, sebelum membakar bandeng agar lebih enak lumuri dahulu bandeng dengan kecap Bango dengan rasa manis pedas gurih. Bakar hingga bandeng matang, sambil diolesi lagi dengan kecap bango.

Kemudian untuk membuat sausnya, siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng untuk menumis. Setalah cukup panas, masukkan bawang bombay serta kecap bango sebanyak 7 sdm, lalu masukkan air sebanyak 4 sdm, aduk hingga semua tercampur rata. Baru setelah itu masukkan apel yang sudah dipotong dadu.

Untuk cara penyajiannya, taruh bandeng yang sudah dibakar tadi di atas sebuah piring, lalu siram dengan saus yang sudah matang dan mengental. Bandeng bakar saus apel manis pedas siap untuk disajikan hangat-hangat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery