Jakarta – Harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premiun telah dipastikan akan mengalami penurunan pada awal April 2016 ini di seluruh wilayah Indonesia.

Per 1 April 2016, BBM Jenis Premium Dan Solar Dikabarkan Akan Turun Harga

Pertimbangan penurunan harga BBM adalah tren penurunan harga minyak dunia serta menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

”Jika dilihat dari seluruh aspeknya, mengalami penurunan. Besaran penurunan sedang dikaji, tapi yang jelas 1 April 2016 akan ada penurunan harga,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Jakarta akhir pekan lalu. Berdasar evaluasi tiga bulanan sebelumnya, pada Januari lalu pemerintah telah menetapkan perubahan harga BBM jenis premium dan solar.

Pemerintah juga telah mengumumkan harga premium Rp7.050/liter untuk luar Jawa dan Bali dan solar Rp5.650/liter. Seperti yang telah diketahui, harga jual solar masih disubsidi Rp1.000/liter. Dalam APBN 2016 subsidi solar ditetapkan Rp16 triliun. Pemerintah dengan Komisi VII DPR akan membahas pencabutan subsidi solar. Kementerian ESDM telah mengkaji pencabutan subsidi solar tanpa harus menaikkan harga jual kepada masyarakat.

”Terkait itu kita mendengar banyak masukan. Kita apresiasi dengan melihat seluruh aspek dan kondisi ekonomi masyarakat,” ujarnya. (Yayan – www.harianindo.com)