Jakarta – Pada pekan lalu, musisi sekaligus bakal calon gubernur DKI di Pilkada 2017, Ahmad Dhani, membentuksebuah komunitas relawan yang bernama “Orang Kita”. Dhani juga didapuk langsung menjadi ikon kelompok relawan tersebut.

Ratna Sarumpaet Hingga Lulung Hadir di Deklarasi Komunitas Relawan Orang Kita

Namun Dhani mengatakan, tujua dari relawan ini dibentuk bukanlah untuk mendukungnya maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI 2017. Melainkan, bertujuan untuk mendukung siapa pun cagub yang bisa menjadikan DKI Jakarta lebih beradab.

Dalam acara deklarasi berdirinya Orang Kita, hadir pula mantan Menpora Adhyaksa Dault dan politisi PPP, Abraham Lunggana atau Lulung, dua orang yang namanya juga mencuat sebagai bakal cagub.

Pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, berpendapat jika kelompok relawan Orang Kita diisi oleh bakal cagub yang peluangnya minim.

“Saya pikir dari namanya kan kecenderungannya nama yang sempat mencuat jadi bakal cagub. Tetapi, ketika kita coba membaca survei dan kontestasi partai, memang harus diakui tokoh-tokoh itu bukan yang memiliki peluang kuat ya,” ujar Yunarto kepada awak media, Rabu (18/5/2016).

Yunarto menambahkan, terbentuknya komunitas Orang Kita adalah bukti bahwa pesaing Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai bersatu. Mereka tidak lagi mengkritik secara terpisah, namun juga mulai memiliki wadah yang sama.

“Tujuan ini tidak lebih untuk merapatkan barisan mereka, apalagi ketika menyadari elektabilitas Ahok cukup tinggi. Dengan cara ini, mereka sudah masuk ke tahap merapatkan barisan,” ujar Yunarto.

Dalam deklarasi Orang Kita, politisi Gerindra seperti Habiburokhman dan Sufmi Dasco juga hadir. Bahkan, aktivis perempuan yang kerap mengkritik Ahok, Ratna Sarumpaet, juga terlihat. (Yayan – www.harianindo.com)