California – Sebuah momen langka terekam lewat NASA Spirit Rover. Hal tersebut pun tampak sangat jelas. Ya, berdasar informasi, para ilmuan telah mendapati kehidupan baru di Mars.

Wow, NASA Kembali Temukan Tanda-Tanda Kehidupan Baru di Mars

Sebagaimana diberitakan Gizmodo pada Jumat (25/11/2016), dalam studi yang diterbitkan di Nature Communications, ini kemungkinan sebuah tanda-tanda kehidupan terbaru yang ada di planet merah alias Mars.

Menggambarkan hubungan antara deposit Opaline Silica ditemukan dekat “Home Plate” berada di kawah Gusev dan Opaline Silica di El Tatio yang merupakan sebuah lapangan geyser terletak di pegunungan tinggi bernama Andes dari Chile Utara.

Sebagai pemimpin penelitian di Planetary Scientist at Arizona State University, Steve Ruff, mengatakan ini adalah mineral, deposit Opaline Silica dapat terbentuk dalam berbagai cara.

“Dapat terbentuk di sekitar sumber air panas atau air mancur, atau dalam fumarol (lubang di dalam kerak bumi). Hal ini mengacu pada ventilasi mengepul di sekitar gunung berapi yang memuntahkan panas, dan gas yang kaya sulfur ke udara,” ujarnya.

Tim peneliti telah menemukan penemuan baru ke El Tatio, sebuah sistem Hidrotermal Chili terletak 14.000 kaki di atas permukaan laut, di mana panas musim semi dan geyser saluran mengandung deposit Opaline Silica.

Secara khusus deposit Opaline Silica akan menampilkan nodul clumpy kecil seperti struktur jari terlihat seperti di Mars, dan cenderung membentuk tikar lengket mikroorganisme yang disebut biofilm. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)