Home > Ragam Berita > Nasional > Pengacara Menilai Keterangan Saksi di Sidang Ahok Soal Definisi Kafir Membingungkan

Pengacara Menilai Keterangan Saksi di Sidang Ahok Soal Definisi Kafir Membingungkan

Jakarta – Trimoelja D Soerjadi selaku Ketua tim penasihat hukum terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut jika keterangan saksi pelapor Muhammad Asroi soal definisi kafir dalam persidangan membingungkan.

Pengacara Menilai Keterangan Saksi di Sidang Ahok Soal Definisi Kafir Membingungkan

Ahok dan Kuasa Hukumnya

Sebab, ketika ditanya hakim soal tafsiran surat Al-Maidah Ayat 51, Asroi mengatakan bahwa tak boleh menjadikan orang kafir sebagai pemimpin. Pengertian kafir, menurut Asroi yaitu orang yang tidak mengucapkan dua kalimat syahadat.

Terkait jawaban Asroi tersebut, tim penasihat hukum Ahok pun lantas mempertanyakan bagaimana dengan umat Nasrani, Buddha, apakah mereka disebut kafir juga. Tapi, Asroi kata dia, tidak menjawab.

“Saya tanyakan itu karena sewaktu ditanyakan JPU tentang Al Maidah ayat 51 itu dia mengatakan jangan menjadikan orang nonmuslim sebagai pemimpin. Kan beda antara kafir dan non muslim kan beda,” kata Trimoelja di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (24/1/2017).

Oleh karenanya, tim penasihat hukum terdakwa Ahok pun melihat bahwa keterangan para saksi pelapor dalam persidangan seperti dibuat-buat. Sehingga, mereka pun meragukan kesaksian para saksi pelapor yang sudah bersaksi dalam persidangan kliennya itu.

“Jadi keterangan-keterangan semacam itu membuat kita sebagai penasehat hukum apakah saksi ini bisa dipercaya atau tidak,” ujarnya.

Kini, tim penasihat hukum terdakwa Ahok pun melihat bahwa keterangan para saksi pelapor dalam persidangan seperti dibuat-buat. Sehingga, mereka pun meragukan kesaksian para saksi pelapor yang sudah bersaksi dalam persidangan kliennya tersebut.

Baca juga: IDI Sindir Sidak Zumi Zola Ke RSUD Seperti Gerebek Narkoba

“Jadi keterangan-keterangan semacam itu membuat kita sebagai penasehat hukum apakah saksi ini bisa dipercaya atau tidak,” ucap Trimoelja. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ahok Tampik Isu Tidak Bela Warga Miskin

Ahok Tampik Isu Tidak Bela Warga Miskin

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menanggapi soal reklamasi dari pasangan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis