Jakarta – MSG (mono sodium glutamate) atau yang biasa dikenal sebagai vetsin, biasa digunakan oleh ibu rumah tangga atau penjual makanan sebagai bahan tambahan penyedap rasa pada makanan.

Inilah Dampak Negatif MSG Bila Dikonsumsi Berlebihan

MSG adalah bahan penyedap makanan yang dikembangkan dari asam glutamat. Terbentuk secara alami dari asam amino non esensial dan memiliki rasa gurih jika ditambahkan dalam makanan.

Banyak orang tidak bisa lepas dari MSG dan merasa makanan menjadi hambar bila tanpa menggunakan MSG.

Namun apakah benar demikian? Apakah MSG mempunyai dampak kesehatan bila terlalu banyak dikonsumsi?

Berikut adalah beberapa beberapa dampak kesehatan MSG jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan dan dalam jangka panjang

1. Menyebabkan obesitas
Jika Anda mengkonsumsi MSG secara terus menerus maka akan menyebabkan obesitas. Di China pernah dilakukan penelitian terhadap 752 orang yang belum pernah mengkonsumsi MSG di rentang usia 40-59 tahun, saat mereka mengkonsumsi MSG secara berlebihan ternyata hasilnya menyebabkan mereka terserang obesitas.

2. Ketagihan
MSG akan membuat Anda ketagihan sehingga akan membuat Anda ingin menyantap makanan mengandung MSG itu secara terus menerus.

3. Merusak otak
MSG akan membuat rasa makanan menjadi lebih kuat sehingga dapat merangsang kinerja otak untuk merespon nafsu makan.

4. Memicu radang hati
Ternayata mengkonsumsi MSG secara berlebihan dapat memicu kinerja hati sehingga tidak berfungsi normal.

5. Menggangu kinerja ginjal
MSG bisa menyebabkan kerja ginjal melemah.

6. Memperlambat kecerdasan anak
Anak dalam masa pertumbuhan merupakan periode emas, namun jika dia mengkonsumsi MSG secara berlebihan maka akan sangat bahaya untuk fungsi otaknya.

Sebenarnya mengkonsumsi MSG bisa menjadi aman jika Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. FDA dan badan POM sudah menyatakan bahwa MSG ini sebenarnya aman, karena sudah melewati beberapa tes kimiawi yang aman untuk tubuh. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.
(samsul arifin – harianindo.com)