Jakarta – Barangkali dari tiap-tiap kota mempunyai nama yang berbeda-beda untuk sebutan kue kembang goyang yang satu ini. Hal tersebut wajar saja, dikarenakan Indonesia adalah negeri yang memiliki bermacam-macam tipe bahasa.

Resep : Kue Kembang Goyang Yang Gurih Dan Nikmat

Kue Kembang Goyang

Seperti namanya, bentuk kue kembang goyang sendiri seperti bunga yang pada proses pembuatannya digoyang-goyang terlebih dahulu ketika digoreng, maka muncullah nama kue kembang goyang. Rasanya yang gurih juga renyah membuat kue yang satu ini disukai apalagi dengan harganya yang terbilang juga murah meriah.

Berikut ini cara membuat kue kembang goyang, seperti dikutip dari reseponline.info :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Membuat Kue Kembang Goyang

  • Persiapkan terlebih dahulu telur ayam sebanyak 2 butir
  • Tepung beras yang berkualitas bagus sebanyak 150 gram
  • Tepung sagu 50 gram
  • Siapkan juga untuk gula bubuk 50 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Wijen putih sekiranya 50 gram
  • Santan 250 mililiter
  • Minyak goreng secara secukupnya

Baca Juga : Resep : Kue Bikang Mawar Yang Menarik 

Cara Untuk Memasak Kue Kembang Goyang Khas Indonesia

  1. Untuk membuat bahan kue kering kembang goyang, pertama-tama buat untuk adonan lebih-lebih dulu. Kocok telur bersama dengan gula sampai mengembang baru setelah itu anda masukan bahan lainnya seperti tepung sagu, tepung beras, santan, garam dan wijen.
  2. Langkah selanjutnya, aduk kembali seluruh bahan sampai licin atau kalis dan setelah itu anda panaskan minyak dalam jumlah yang secukupnya untuk nantinya menyelupkan satu persatu kue kembang goyang yang sudah dicetak sebelumnya.
  3. Kalau minyak telah lumayan panas dan adonan telah dicetak, langkah selanjutnya masukkan adonan dengan cetakannya ke dalam minyak yang panas. Buat juga untuk isi cetakannya tak boleh terlampaui penuh atau menutupi permukaan cetakan.
  4. Sesudah masuk ke dalam wajan penggorengan, goyang-goyangkan sampai adonan terlepas dengan sendirinya dan beralih warna menjadi kuning kecoklatan. Seandainya telah berubah warna maka angkat dulu kue nya dan tiriskan. Jalankan proses ini sampai seluruh adonan kue habis.
  5. Terakhir maka kue kering kembang goyang gurih siap disantap dengan keluarga tercinta.

(bimbim – www.harianindo.com)