Home > Teknologi > Gadget > Ponsel Android Sering Restart Sendiri ? Begini Cara Mengatasinya

Ponsel Android Sering Restart Sendiri ? Begini Cara Mengatasinya

Jakarta – Smartphone android tentu saja pasti memiliki kendala. Sebagian besar kendalanya yakni smartphone kita tiba-­tiba merestart dengan sendirinya. Apabila kejadian tersebut terjadi hanya beberapa kali, tidak melebihi sampai 4x, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Akan tetapi, jika smartphone yang kita miliki sering merestart sendiri, berarti terjadi kendala dalam sistem Android anda.

Ponsel Android Sering Restart Sendiri ? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi

Salah satu penyebab smartphone melakukan restart dengan sendirinya adalah terlalu banyak memasang aplikasi. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa beban yang harus dijalankan lebih berat daripada kapasitas yang Smartphone miliki. Hal tersebut pastinya bagi Anda yang memiliki smartphone android yang sering restart dengan sendirinya merupakan hal yang sangat menjengkelkan.

Berikut ini, ada beberpaa cara dalam mengatasi smartphone android yang sering restart sendiri tanpa root :

  • Menghapus Beberapa Aplikasi

Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah dengan menghapus beberapa aplikasi yang memberatkan kinerja prosesor dan RAM. Dalam hal ini, Anda bisa melihatnya pada menu setting à management aplikasi à aplikasi yang sedang berjalan.

Disitu nantinya Anda akan melihat berbagai macam aplikasi yang berjalan sembari menghabiskan
kapasitas RAM. Cobalah menghapus aplikasi tersebut dan lihat perubahannya. Ingat!
Jangan sampai Anda menghapus aplikasi sistem seperti Layanan Google Play Store.

  • Factory Reset

Jika dengan menghapus beberapa aplikasi smartphone kita tetap mengalami restart sendiri, berarti memang ada gangguan dalam sistem android. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan factory reset. Factory reset sendiri merupakan kegiatan mengembalikan kondisi smartphone seperti pertama membeli.

Baca Juga : Harga iPhone 8 Diprediksi Lebih Mahal Dibanding Galaxy S8 Plus

Dalam hal ini, yang harus kita lakukan ialah dengan membackup seluruh data penting seperti foto, video, kontak, serta berbagai macam file penting lainnya. Setelah semua file penting tercadangkan, barulah kita langsung melakukan factory reset.

Caranya, silahkan pergi ke menu setting à buat cadangan dan setel ulang à kembali ke pengaturan pabrik. Tunggu hingga proses factory reset selesai dan jangan menekan tombol apapun selama proses berlangsung. Disamping itu usahakan kondisi baterai harus diatas 50%.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dibandrol Rp 11 Jutaan, iPhone 7 Red Laris Manis

Dibandrol Rp 11 Jutaan, iPhone 7 Red Laris Manis

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Apple meluncurkan produk terbarunya yakni iPhone 7 dan iPhone 7 ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis