Jakarta – Mabes TNI kini menyiapkan anggotanya jelang Pilgub DKI 2017 putaran kedua. Mereka bakal melakukan penjagaan dalam pesta demokrasi yang berlangsung pada 19 April 2017 di Jakarta itu.

Personel TNI Bakal Dikerahkan untuk Amankan Pilkada DKI 2017

Panglima TNI Gatot Nurmayanto

“Untuk amankan pilgub, saya menjalin kerja sama dengan Kapolri. Nanti, anggota TNI-Polri bakal berjaga di sekitar TPS,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu (12/4/2017).

Menurut Gatot, personel TNI bakal melakukan pengamanan bersifatnya bawah kendali operasi (BKO). Tujuannya, mengamankan setiap TPS.

Menurut Gatot, jumlah personel TNI yang akan menjaga TPS pada Pilkada DKI putaran kedua nanti akan ditambah. Hal tersebut karena jumlah TPS yang ada juga mengalami penambahan 11 TPS. Dari jumlah sebelumnya 13.023 TPS menjadi 13.034 TPS.

“Tentu, saat ini, ada peningkatan TPS. Kami bakal menempatkan minimal satu orang di satu TPS,” ujar Gatot

Baca juga: Inilah Tindakan Polda Metro Jaya agar Penodongan di Angkot Tidak Terulang

Sementara itu, mengenai bagaimana mekanisme pengamanan nanti, Gatot tidak dapat menjelaskan secara rinci karena hal tersebut masih akan dibahas dengan Kapolri dalam apel gabungan yang akan dilakukan menjelang pilkada.

“Nanti, apel bakal diadakan Kapolri untuk mekanismenya. Kemudian, bersama Polres dan Polres,” ujarnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)