Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Memprediksi Program RPTRA Tidak Dilanjutkan Anies-Sandi

Pengamat Memprediksi Program RPTRA Tidak Dilanjutkan Anies-Sandi

Jakarta – Program ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) diduga kemungkinan tidak akan berlanjut apabila Anies Baswedan telah menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pasalnya, program tersebut dinilai tidak bisa menjadi solusi dalam pengendalian banjir. Hal tersebut sebagaimana yang dinilai oleh Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga.

Pengamat Memprediksi Program RPTRA Tidak Dilanjutkan Anies-Sandi

Suasana RPTRA

“RPTRA itu kan peninggalan Ahok (Gubernur Basuki Tjahaja Purnama), jadi kalau gubernur baru (Anies Baswedan) sudah menjabat, kemungkinan program itu akan dihilangkan,” kata Nirwono Joga dalam acara peringatan Hari Pusaka Dunia di Jakarta, Sabtu, (22/4/2017).

Nirwono menilai bahwa program ruang terbuka hijau (RTH) jauh lebih baik dalam pengendalian banjir. Oleh karena itu, Anies kemungkinan bakal memilih RTH ketimbang melanjutkan program RPTRA. Disamping itu, kata Nirwono, RTH bisa berfungsi sama dengan RPTRA. Hanya saja RTH lebih menyasar ke banyak golongan masyarakat.

“RPTRA itu kan pendekatannya sosial, sedangkan RTH itu pendekatannya lebih kepada pengendalian banjir, jadi lebih urgen yang mana?” kata Nirwono.

“Kalau RPTRA itu kan targetnya ibu-ibu dan anak-anak, beda dengan RTH yang mengusung konsep taman. Sehingga semua bisa memanfaatkannya,” kata Nirwono.

Pembentukan RPTRA tersebut berasalan untuk memberi ruang terbuka bagi masyarakat di kawasan padat penduduk. Akan tetapi, Nirwono menilai fungsi tersebut juga tetap ada jika pemerintah lebih memilih untuk membangun RTH. Nirwono juga mengkritik kurangnya perhatian pemerintah DKI Jakarta selama ini terhadap pemberdayaan RTH dan taman yang ada di Jakarta.

Baca Juga : Istri Ahok Tanggapi Hasil Pilkada DKI

“Di taman pun masyarakat kan tetap bisa melakukan aktivitas publik,” ucapnya.

“Pemerintah tidak mendorong masyarakat untuk memanfaatkan taman secara maksimal,” ucapnya.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Besok, Tak Ada Alasan Bagi PNS DKI Untuk Tidak Masuk Kerja

Besok, Tak Ada Alasan Bagi PNS DKI Untuk Tidak Masuk Kerja

Jakarta – Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta akan aktif bekerja kembali pada Senin (3/7/2017). ...