Nias – Sumatera Utara menyimpan berbagai keindahan alam. Bukan hanya wisata bahari saja, ada juga wisata sejarah magis. Hal tersebut tentu membikin bulu merinding.

Patung Penebus Dosa Jadi Wisata Sejarah yang Diminati di Nias

Patung Penebus Dosa Jadi Wisata Sejarah yang Diminati di Nias

Jika penasaran, wisatawan bisa mengunjungi Museum Pusaka Nias. Dan, temukanlah sebuah patung yang terbuat dari kayu, berwajahkan seperti manusia. Benda ini menjadi warisan budaya yang banyak membuat wisatawan penasaran.

Baca juga : Pantai Wedi Ombo Yogyakarta, Destinasi Cantik yang Menarik Wisatawan Manca Negara

Ialah Patung Siraha Horo atau patun penebus dosa. Patung ini saat zaman dulu digunakan sebagai tempat berdoa para pemburu kepala manusia. Di mana mereka sebelum dan setelah berburu ketika para Suku Ano Niha suku asli Nias menyembah berhala dan patung sebelum adanya penyiaran agama Islam, dan Kristen.

Patung Siraha Horo ini digunakan suku untuk meminta rezeki, dan juga perlindungan. Mereka juga meminta agar sanak keluarga tidak terserang malapetaka karena perbuatan keji yang mereka lakukan.

Bentuk patung ini pun memiliki tinggi satu meter, dan memiliki dua tanduk. Di mana tanduk dibuat dari dahan kayu sebagai simbol hubungan erat manusia dengan para Dewa. Dan, tidak semua orang bisa memiliki patung ini, di mana hanya bangsawan, para pemburu kepala, dan pendekar yang hanya bisa memiliki patung tersebut. Yuk, langsung cek ke TKP aja biar berasa magisnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)