Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Hari Sabtu, 27 Mei 2017

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Hari Sabtu, 27 Mei 2017

Jakarta – Setelah melakukan sidang isbat secara tertutup pada Jumat (26/5/2017) malam di kantor Kementerian Agama, Menteri Agama Lukman Saifuddin kemudian melakukan jumpa pers terkait hasil sidang.

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Hari Sabtu, 27 Mei 2017

Lukman Saifuddin mengatakan bahwa berdasarkan hasil sidang isbat, 1 Ramadan 1438 Hijriah, atau awal puasa jatuh pada hari Sabtu (27/5/2017).

“Awal sidang kami dapat laporan setidaknya dari 4 titik, mereka petugas yang berpengalaman. Kami mendapat laporan mereka di NTT, Sulut, Jatim, dan Kepulauan Seribu berdasarkan laporan mereka melihat hilal. Maka dengan 2 hal tadi seluruh peserta sidang malam ini memasuki Ramadan, besok pagi kita akan mengawali puasa,” ujar Menteri Agama Lukman Saifuddin di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

Menurut Lukman, pemerintah menggunakan metode rukyat dan melihat posisi hilal yang dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan menggunakan teleskop. Pemantauan sendiri dilakukan di 33 provinsi, yang tersebar di 88 lokasi pemantauan.

Ikut hadir dalam sidang tersebut seperti perwakilan dari PBNU, PP Muhammadiyah, MUI, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis, dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Besok, Tak Ada Alasan Bagi PNS DKI Untuk Tidak Masuk Kerja

Besok, Tak Ada Alasan Bagi PNS DKI Untuk Tidak Masuk Kerja

Jakarta – Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta akan aktif bekerja kembali pada Senin (3/7/2017). ...