Jakarta – Semakin menjamurnya mobil-mobil dikawasan perkotaan menambah polusi udara yang semakin hari makin menjadi. Namun, tak lama lagi Indonesia diperkirakan akan memasuki era mobil listrik. Hal ini tak lain karena pemerintah memberikan lampu hijau dan tengah membuat draft aturan pengembangan mobil listrik.

Gaikindo Berikan Saran Untuk Mobil Listrik di Indonesia

Menanggapi hal tersebut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johannes Nangoi angkat bicara.

Meski para pelaku akan ikut aturan main terkait kebijakan dari pemerintah, namun ia menilai, jika mobil listrik disetujui, maka pemerintah akan memberikan insetif pajak.

“Kalau enggak ada kebijakan fiskal, maka pajak itu akan mahal. Tapi saya juga tahu, kalau diberikan insentif kebijakan fiskal mobil mewah listrik harganya jadi diturunin. Nanti orang bilang ‘waduh pemerintah memihak orang kaya (yang membeli mobil listrik) dikasih spesial, yang ini (mobil lain) enggak dikasih spesial’,” ungkap Johannes saat ditemui daerah Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7).

Meski begitu, Johannes mengaku, saat ini para pelaku industri otomotif di Indonesia siap untuk membuat mobil listrik bahkan telah dapat diproduksi oleh semua merek otomotif.

Baca juga : Ini Dia Barisan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta Yang Menjadi Favorit

“Tapi permasalahannya adalah pengisian-pengisian (baterai), aturan main, perpajakan, kebijakan fiskal terlebih dahulu bisa diberesin,” tambahnya. (Icha – harianindo.com)