Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Penjelasan Ilmiah Terkait Bentol di Kulit Anda

Penjelasan Ilmiah Terkait Bentol di Kulit Anda

Jakarta – Saat kita merasakan gatal karena digigit nyamuk berbuah kemerahan dan bentol di kulit, satu hal yang sangat ingin kita lakukan adalah menggaruk. Walaupun nyatanya menggaruk kulit yang terkena gigitan nyamuk atau kutu sangat enak, namun ada baiknya Anda menghentikannya.

Penjelasan Ilmiah Terkait Bentol di Kulit Anda

Bentol

Cara lainnya adalah cukup dengan diusap-usap atau mengoleskannya dengan es batu.

Pertanyaan mendasarnya terkait mengapa saat digigit serangga atau nyamuk berakhir dengan rasa gatal dan lantas bentol?

Jorge Parada MD selaku penasehat medis di the National Pest Management Association, Amerika Serikat menyatakan jika, “ketika nyamuk menggigit, moncongnya menembus kulit Anda, mirip sedotan. Dan air liur nyamuk mengandung berbagai protein yang ketika masuk ke tubuh kita, tubuh akan membacanya sebagai penyusup.”

Ini, menurut Parada membuat peringatan tinggi di dalam tubuh untuk mengeluarkan sebuah reaksi kimia, atau yang biasa disebut dengan “histamin” yang membantu sel di dalam tubuh berjalan bebas ke arah tempat gigitan. Proses ini juga berlangsung sama, jika Anda digigit oleh serangga lainnya atau tersengat,” ungkap Parada.

Rasa gatal yang timbul di lokasi bentol sebenarnya adalah salah satu cara sehat tubuh Anda dalam merespons kejadian tersebut.

“Jika sistem imun tubuh Anda lemah, Anda tak akan merasakan apa pun,” ucap dokter spesialis kulit Jennifer T. Haley, MD seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (29/7/2017).

Para pakar sepaham dalam melarang untuk menggaruk bentolan tersebut, hal ini karena pertama, garukan Anda di lokasi mengaduk-aduk air liur nyamuk/serangga. Kedua, tangan Anda tdak selalu bersih, dan permukaan kulit bisa lecet dan ini bisa menyebabkan Anda terkena infeksi bakteri.

Baca juga: Amankah Melakukan Detoksifikasi dengan Jus Buah ?

“Jika Anda tak tahan dengan gatalnya, cukup usap-usap saja dengan tangan Anda. Atau cara lainnya adalah dengan membasuh atau mencuci bersih dengan sabun pada lokasi bentol tersebut dengan air mengalir untuk menghindari bakteri dan infeksi,” pungkas sang pakar. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Turunkan Berat Badan dengan Banyak Minum Air Putih

Turunkan Berat Badan dengan Banyak Minum Air Putih

Jakarta – Minum air mineral atau putih bukan hanya baik untuk metabolisme dan konsentrasi, namun ...